/pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"> MAKALAH HARI AKHIR (KIAMAT)

www.emaskuwinggo.blogspot.com

Wednesday, 20 July 2016

MAKALAH HARI AKHIR (KIAMAT)

BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah
Hari kiamat (يوم القيامة) dipakai untuk mengistilahkan kehidupan setelah kematian. Mereka-mereka yang beragama meyakini kehidupan akhirat sebagai tempat di mana segala perbuatan seseorang di dalam kehidupan dunia ini akan dibalas. Namun tidak sedikit juga orang yang meragukan akan adanya kehidupan akhirat (kehidupan setelah kematian). Mereka-mereka yang meyakini pasti akan mengatakan : meyakini hari kiamat sangat mudah, sama halnya meyakini adanya hari esok setelah hari ini, nanti setelah sekarang, memetik setelah menanam. Dengan meyakini adanya kehidupan akhirat setelah kehidupan di dunia, seseorang akan menjaga dari perbuatan sesuka hatinya, karena ia yakin segala perbuatan dalam kehidupannya sekarang akan dituainya di kemudian hari, yaitu alam sesudah kematian.

B.   Rumusan Masalah
1.  Apa pengertian hari akhir (konteks Islam) ?
2. Apa ayat-ayat tentang hari akhir beserta tafsirnya?
3. Pengertian Surga dan Neraka



BAB II
PEMBAHASAN

A.   Pengertian hari akhir (konteks Islam)
Salah satu rukun Iman adalah Iman kepada hari akhir (yaumul qiyamah), yaitu percaya akan datangnya ujung dari kehidupan di dunia. Dalam al-qur’an hari akhir dinamakan al-qari’ah, terdapat pada QS. Al-Haqqah : 4 dan QS. Al-Qari’ah : 1, 2, dan 3.
Firman Allah “Tahukah kamu, apakah hari kiamat itu ?” (QS. Al-Qari’ah : 3). Menurut Ar-Razi, ayat tersebut mununjukan bahwa manusia tidak tahu sama sekali tentang hari kiamat, manusia hanya memahami bahwa hal tersebut merupakan peristiwa yang luar biasa.
Hari akhir atau kiamat (qiyamat/qiyamah) juga dijelaskan dengan pengertian, hari kiamat adalah hari dihancurkannya secara total kehidupan manusia di dunia dengan ditiupkannya sangkakala pertama oleh malaikat Israfil (dalam masa tersebut tiada lagi kehidupan). Kemudian ditiupkan kembali sangkakala untuk kali kedua yaitu untuk menghidupkan umat manusia sejak Nabi Adam as. hingga umat terakhir, untuk menerima pengadilan Allah.
Hari akhir sering pula disebut sebagai hari kiamat, yaitu hari pembalasan yang hakiki terhadap semua makhluk hidup di dunia yang fana ini.



B. Ayat-ayat Tentang Hari Akhir
Ayat-ayat tentang Hari Kiamat diantaranya yaitu :
1.   Q. S Al-Qiamah Ayat 1-20
1)   Ayat
                                                                                                                                             
2)  Terjemahan
1. aku bersumpah demi hari kiamat,
2. dan aku bersumpah dengan jiwa yang Amat menyesali (dirinya sendiri)[1530].
3. Apakah manusia mengira, bahwa Kami tidak akan mengumpulkan (kembali) tulang belulangnya?
4. bukan demikian, sebenarnya Kami Kuasa menyusun (kembali) jari jemarinya dengan sempurna.
5. bahkan manusia itu hendak membuat maksiat terus menerus.
6. ia berkata: "Bilakah hari kiamat itu?"
7. Maka apabila mata terbelalak (ketakutan),
8. dan apabila bulan telah hilang cahayaNya,
9. dan matahari dan bulan dikumpulkan,
10. pada hari itu manusia berkata: "Ke mana tempat berlari?"
11. sekali-kali tidak! tidak ada tempat berlindung!
12. hanya kepada Tuhanmu sajalah pada hari itu tempat kembali.
13. pada hari itu diberitakan kepada manusia apa yang telah dikerjakannya dan apa yang dilalaikannya.
14. bahkan manusia itu menjadi saksi atas dirinya sendiri[1531],
15. meskipun Dia mengemukakan alasan-alasannya.
16. janganlah kamu gerakkan lidahmu untuk (membaca) Al Quran karena hendak cepat-cepat (menguasai)nya[1532].
17. Sesungguhnya atas tanggungan kamilah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya.
18. apabila Kami telah selesai membacakannya Maka ikutilah bacaannya itu.
19. Kemudian, Sesungguhnya atas tanggungan kamilah penjelasannya.
20. sekali-kali janganlah demikian. sebenarnya kamu (hai manusia) mencintai kehidupan dunia,
3)   Tafsir Ayat
Dalam ayat Pertama Allah bersumpah dengan Hari Kiamat. Maksudnya ialah Allah menyatakan dengan tegas bahwa Hari Kiamat itu pasti datang. Karena itu hendaklah manusia bersiap-siap menghadapinya dengan beriman dan mengerjakan amal saleh, karena hari kiamat merupakan hari pembalasan amal.
Dalam ayat kedua Allah bersumpah dengan jiwa yang amat menyesali (dirinya sendiri). Nafsul Lawwamah ialah jiwa yang amat menyesali dirinya terhadap sikap dan tingkah lakunya pada masa lalu yang tidak sempat lagi diisi dengan perbuatan baik. Nafsul Lawwamah juga berarti jiwa yang menyesali dirinya karena berbuat kejahatan, kenapa masih saja tak sanggup dihentikan? Dan pada kebaikan yang disadari manfaatnya kenapa tidak diperbanyak atau dilipat gandakan saja? Begitu Nafsul Lawwamah berkata dan menyesali dirinya sendiri.
Perasaan menyesal itu senantiasa ada walaupun dia berusaha keras sehabis upaya untuk mengerjakan amal saleh. Padahal semuanya pasti akan diperhitungkan kelak. Nafsul Lawwamah juga berarti jiwa yang tak bisa dikendalikan pada waktu senang maupun susah. Waktu senang bersikap boros dan royal, sedang di masa susah menyesali nasibnya dan menjauhi agama.
Nafsul Lawwamah sebenarnya adalah jiwa seorang mukmin yang belum mencapai tingkat yang lebih sempurna. Sebab nafsu ini sering juga disebut Nafsu Syarifah (nafsu yang mulia) yang sebenarnya tidak senang dengan jiwa yang suka memperturutkan perbuatan mendurhakai Allah. Benteng utama dari jiwa seperti ini tetap saja menyesal karena telah melewati hidup di atas dunia dengan kebaikan yang tidak sempurna.
Perlu disebutkan di sini bahwa Allah bersumpah dengan Hari Kiamat dan Nafsul Lawwamah. Apa hubungannya? Sebab karena hari kiamat itu kelak akan membeberkan tentang jiwa seseorang, apakah ia memperoleh kebahagiaan atau sebaliknya, yaitu kecelakaan. Maka jiwa atau Nafsul Lawwamah boleh jadi termasuk golongan yang bahagia atau termasuk golongan yang celaka. Dari segi lain sengaja Allah menyebutkan jiwa yang menyesali dirinya ini karena begitu besarnya persoalan jiwa dari sudut pandangan Alquran. Huruf "La" yang terdapat pada ayat 1 dan 2 di atas adalah "La" (لا) "zaidah" (زائدة) yang menguatkan arti perkataan sesudahnya, yaitu adanya Hari Kiamat dan adanya Nafsu Lawwamah . Allah sendiri menjawab sumpah-Nya biarpun dalam teks ayat tidak disebutkan. Jadi setelah bersumpah dengan Hari Kiamat dan Nafsu Lawwamah , Allah menegaskan,"Sungguh kamu akan dibangkitkan dan akan dimintai pertanggungjawabanmu".
Apakah manusia mengira, bahwa Allah tidak akan mengumpulkan kembali tulang-belulangnya?. Artinya apakah manusia mengerti bahwa tulangnya yang telah hancur di dalam kubur, setelah berserakan di tempat yang terpisah-pisah tidak dapat dikumpulkan Allah kembali? Ayat yang diungkapkan dengan nada pertanyaan ini mengandung makna agar manusia memikirkan persoalan mati dan adanya hari berbangkit itu secara serius.
Untuk menghilangkan keragu-raguan itu, Allah menegaskan sebenarnya Dia berkuasa menyusun (kembali) jari jemari manusia dengan sempurna. Bahkan Allah sanggup mengumpulkan dan menyusun kembali bagian-bagian tubuh yang hancur itu sekalipun itu adalah bahagian yang terkecil seperti jari-jemari yang begitu banyak ruas dan bukunya, yang andai kata Allah tiada mempunyai ilmu pengetahuan dan kekuasaan yang sempurna, tentu tiada mungkin Ia menyusunnya kembali. Ringkasnya bagaimana tulang-belulang, jari jemari itu tersusun dengan sempurna, maka Allah sanggup mengembalikannya lagi seperti semula.
Diriwayatkan bahwa ayat ke 3 dan ke 4 ini diturunkan karena ulah dua orang yang bernama Adi bin Abi Rabi'ah bersama Akhnasy bin Syuraiq. Adi pernah menjumpai Rasulullah dengan bertanya, "Hai Muhammad, tolong ceritakan kepadaku kapan datang Hari Kiamat itu dan bagaimana keadaan manusia pada waktu itu?" Rasulullah SAW menceritakan apa adanya, Adi menjawab pula, "Demi Allah, andaikata aku melihat dengan mata kepalaku sendiri akan hari itu, aku juga tidak akan membenarkan ucapanmu itu dan aku juga tidak percaya kepadamu dan kepada Hari Kiamat itu. Apakah mungkin hai Muhammad, Allah sanggup mengumpulkan kembali tulang-belulang manusia? Kemudian turunlah ayat ke 4 di atas yang menegaskan kekuasaan Allah sebagai jawaban buat Adi dan orang-orang yang bersikap seperti dia. Karena peristiwa itu, Rasulullah SAW senantiasa berdoa:
"Ya Allah, jauhkanlah aku dari kejahatan tetanggaku yang (bersikap) jahat".
Dalam ayat 5 ini Allah menegaskan bahwa sebenarnya manusia dengan perkembangan pikirannya menyadari bahwa Allah sanggup berbuat begitu, namun kehendak nafsunya mempengaruhi pikirannya.
Bahkan manusia itu hendak berbuat maksiat terus menerus. Sesungguhnya tidak ada manusia yang tidak mengenal kekuasaan Tuhannya, untuk menghidupkan dan menyusun tulang belulang orang yang sudah mati. Akan tetapi mereka masih ingin bergelimang dengan berbagai laku perbuatan maksiat terus menerus, kemudian menunda-nunda tobat atau menghindari diri dari padanya.
Sesungguhnya manusia yang seperti ini kata sahabat Said ibnu Ubair suka cepat-cepat memperturutkan kehendak hati, berbuat apa saja yang diinginkan. Nafsu selalu menggodanya: "Nanti sajalah aku bertobat; nanti sajalah aku hendak beramal kebaikan," Celakanya dia belum sempat tobat dan beramal kebaikan, malaikat maut sudah lebih dahulu mencabut nyawanya. Padahal pada saat itu sedang asyik dalam perbuatan maksiat".
Boleh jadi juga maksud ayat ini adalah bahwa seseorang selalu berangan-angan: "Betapa nikmatnya kalau aku mendapat ini dan itu, mendapat mobil dan rumah mewah atau jabatan yang empuk, dan seterusnya. namun lupa mengingat mati, lupa dengan akan datangnya hari berbangkit, hari saat nasibnya diperiksa segala pekerjaannya.
Kata-kata "liyafjura" berarti cenderung kepada yang batil, suka menyimpang dari kebenaran. Orang seperti ini ingin hidup bebas seperti binatang. Tidak suka terhalang mengerjakan apa saja karena teguran akal sehat atau larangan agama yang sanggup mengekang keinginannya
Dalam ayat 6 ini Allah menggambarkan sikap orang keras kepala: Ia bertanya, "Bilakah Hari Kiamat itu?" Pertanyaan ini muncul sebagai tanda terlalu jauhnya jangkauan Hari Kiamat itu dalam pikiran si penanya dan menunjukkan ketidak percayaan akan terjadinya. Ini ada hubungannya dengan ayat sebelumnya, yakni: "Kenapa ia terus menerus ingin mengerjakan kejahatan?" Karena mereka mengingkari adanya hari berbangkit. Jadi tidak perlu memikirkan segala akibat dari kejahatan yang telah dilakukan.
Dalam ayat-ayat 7-9 Allah menerangkan beberapa tanda kedatangan Hari Kiamat itu dalam tiga hal, yakni:
1.      Apabila mata terbelalak (karena ketakutan). Pada waktu itu tidak sanggup mata menyaksikan sesuatu hal yang sangat dahsyat. Dalam ayat lain tercantum makna yang sama, yakni:
         
Artinya: Mereka datang bergegas-gegas memenuhi panggilan dengan mengangkat kepalanya, sedang mata mereka tidak berkedip-kedip dan hati mereka kosong. (Q.S. Ibrahim: 43)
2.      Dan apabila bulan telah hilang cahayanya. Hilangnya cahaya bulan selama-lamanya, bukan seperti keadaan waktu gerhana bulan yang hanya berlangsung sebentar saja.
3.      Dan matahari dan bulan dikumpulkan. Artinya matahari dan bulan saling bertemu, sudah kacau-balau. Keduanya terbit dan terbenam pada tempat yang sama, menyebabkan gelapnya suasana alam semesta ini. Padahal keadaan begitu tidak pernah terjadi.
Jelasnya bahwa di antara peristiwa itu terjadi saat itulah manusia yang kafir menyadari betapa janji Allah menjadi kenyataan. Semua orang berusaha hendak menyelamatkan diri.
Dalam ayat 10 Allah menegaskan bahwa pada hari itu manusia berkata, "Ke mana tempat lari?" Masing-masing orang berusaha mencari jalan untuk menyelamatkan diri. Sebagian mengartikan: "Ke mana tempat lari menghindari api neraka? Tentulah manusia yang dimaksudkan adalah orang-orang kafir, karena pada saat itu orang-orang mukmin tidak ada yang menyangsikan kedatangan Hari Kiamat itu seperti disebutkan dalam beberapa hadis Nabi. Tetapi orang-orang kafir itu dapatkah mereka menyelamatkan diri? Tidak
Dalam ayat 11 ditegaskan bahwa sekali-kali tidak ada tempat berlindung. Tiada sesuatu perlindunganpun yang mungkin menyelamatkan mereka dari siksaan Allah. Tiada benteng maupun bukit atau senjata yang dapat dipergunakan.
Kemudian dalam ayat 12 diterangkan keadaan yang sebenarnya dan ke mana manusia hendak dikumpulkan. Hanya kepada Tuhanmu sajalah di hari itu tempat manusia kembali. Di tempat yang celaka penuh kesengsaraan atau di tempat yang penuh nikmat penuh kebahagiaan. Semuanya tergantung kepada kehendak Allah belaka, Dia Penguasa Tunggal di hari itu. Semua manusia kembali kepada Allah tanpa kecuali. Ke sanalah tujuan perjalanan hidup yang terakhir
Ayat 13 menerangkan bahwa pada hari itu diberitakan kepada manusia apa yang telah dikerjakannya dan apa yang dilalaikannya. Kepada manusia diceritakan ketika telah tiba waktunya menghisab dan menimbang amalannya. Semua akan dibeberkan dengan jelas, mana perbuatan baik yang telah dikerjakan dan mana yang seharusnya dikerjakan tapi tidak sempat lagi dilaksanakannya. Demikian pula mana yang semestinya dahulu diperbuat guna menghindarkan diri dari azab Allah dan mencapai pahala-Nya. Tiada yang luput dari pemberitaan itu, karya yang kecil maupun yang besar, yang baru maupun yang sudah usang.
Ibnu 'Abbas mengartikan ayat ini, yang diceritakan tidak hanya sekadar perbuatan buruk dan baik seseorang menjelang dia meninggal dunia, tetapi juga segala karya, pikiran dan kebiasaannya. Ringkasnya semua orang akan menyaksikan sendiri di hadapannya segala wujud amaliahnya,
Dalam ayat 14 Allah menjelaskan bahwa diri manusia itu sendiri menjadi saksi, sehingga tak perlu orang lain menceritakan kepadanya karena semua bagian tubuhnya menjadi saksi atas segala yang telah dikerjakannya, dengan jujur tanpa berbohong lagi. Mana yang berbuat jahat kena siksaan dan tak bisa menghindarinya. Demikianlah pendengaran, penglihatan, kaki, tangan dan semuanya membeberkan segala yang telah dikerjakannya. Akan tetapi manusia tetap saja ingin mengajukan berbagai alasan untuk mendebat keputusan Allah.
Dalam ayat 15 dijelaskan bahwa biarpun manusia berusaha mengajukan berbagai alasan guna menutupi segala kesalahannya, menyembunyikan segala perbuatannya yang jelek, namun semua itu tak akan angkat bicara menjadi saksi atas apa yang telah mereka lakukan. Dalam ayat lain disebutkan:
"Bacalah kitabmu, cukuplah dirimu sendiri pada waktu ini sebagai penghisab terhadapmu". (Q.S. Al-Isra': 14)
Dari isyarat ayat di atas dapat pula kita mengambil pelajaran (iktibar), bahwa keyakinan orang musyrik mempersekutukan Allah dan menyembah patung/berhala, serta ketidak percayaan mereka pada hari berbangkit, adalah kepercayaan yang salah. Hati kecil mereka sendiri sesungguhnya tidak mengakui yang demikian. Karena itu segala alasan yang mereka kemukakan guna menolak kebenaran, sebenarnya adalah alasan palsu. Mereka mengucapkan sesuatu yang bertentangan dengan kehendak hati nurani sendiri.
Dalam ayat 16 Allah melarang Muhammad SAW menggerakkan lidahnya untuk membaca Alquran karena hendak cepat-cepat menguasainya. Artinya: "Janganlah engkau wahai Rasul menggerak-gerakkan lidah dan bibirmu untuk cepat-cepat menangkap bacaan Jibril karena takut bacaan itu luput dari ingatanmu.
Dalam hadis Bukhari disebutkan bahwa Rasulullah SAW menggerak-gerakkan bibirnya ketika wahyu diturunkan. Menghafal ayat-ayat itu mula-mulanya terlalu berat bagi beliau. Itulah sebabnya ketika Jibril menyampaikan wahyu itu Rasulullah SAW segera saja mengikuti dengan gerakan lidah dan bibirnya karena takut luput dari ingatan; padahal Jibril belum selesai membaca. Hal ini terjadi ketika turunnya Surah Taha, dan semenjak adanya teguran Allah dalam Ayat ke 16 ini tentu beliau sudah tenang dalam menerima wahyu tidak perlu cepat-cepat menangkapnya.
Jelaslah Allah melarang Nabi SAW meniru bacaan Jibril A.S. kalimat demi kalimat sebelum ia selesai membacakannya, agar dapat Nabi Muhammad SAW menghafal dan memahami betul-betul ayat yang diturunkannya itu.
Dalam hadis Muslim dari Ibnu Jubair dan Ibnu 'Abbas, beliau menyebutkan pula sebab turun ayat ke 16 ini, yaitu Nabi SAW berusaha menghilangkan kepayahan ketika diturunkan wahyu dengan menggerakkan bibirnya. Maka Ibnu Abbas pun berkata kepadaku (Ibnu Jubair), "Aku menggerakkan bibirku sebagaimana Rasulullah berbuat begitu, maka ia (Ibnu Abbas) pun menggerak-gerakkan bibirnya. Lalu Allah menurunkan ayat: La tuharrik bihi lisanaka lita'jala bihi (janganlah kamu hai Muhammad menggerakkan lidahmu untuk membaca Alquran karena hendak cepat-cepat (menguasainya). (H.R. Muslim)
Dalam ayat 17-18 Allah menjelaskan sebab larangan mengikuti bacaan Jibril ketika dia sedang membacakannya itu, adalah karena: "Sesungguhnya atas tanggungan Allah-lah mengumpulkannya di dalam dada Muhammad dan membuatnya pandai membacanya. Allahlah yang bertanggung jawab bagaimana supaya Alquran itu tersimpan dengan baik dalam dada atau ingatan Muhammad, dan memantapkannya dalam kalbunya. Allah pula yang memberikan bimbingan kepadanya bagaimana cara membaca ayat itu dengan sempurna dan teratur, sehingga Muhammad hafal dan tidak lupa selama-lamanya. Oleh sebab itu bila Jibril selesai membacakan ayat-ayat yang harus diturunkan, hendaklah Muhammad menuruti membacanya. Nanti Muhammad mendapatkan dirinya selalu ingat dan hafal akan ayat-ayat itu. Tegasnya pada waktu Jibril membaca, hendaklah Muhammad diam dan mendengarkan bacaannya. Dari sudut lain ayat ini juga berarti: "Bila telah selesai dibacakan kepada Muhammad ayat-ayat Allah hendaklah ia segera mengamalkan hukum-hukum dan syariat-syariatnya.
Ayat 19 menjelaskan adanya jaminan Allah bahwa sesungguhnya atas tanggungan Allah-lah penjelasannya. Maksudnya setelah Jibril selesai membacakan Alquran itu kepada Nabi Muhammad, maka Allah langsung memberikan penjelasan kepada beliau melalui ilham-ilham yang Allah tanamkan ke dalam dada Nabi SAW, sehingga pengertian ayat ini secara sempurna sebagaimana yang dikehendaki Allah dapat diketahui Nabi SAW. Allah pula yang menyampaikan kepada Nabi segala rahasia, hukum-hukum dan pengetahuan Alquran itu secara sempurna. Sehingga dengan begitu tidak dapat diragukan sedikitpun. bahwa sesungguhnya Alquran itu dari sisi Allah SWT.
Dalam ayat 20 Allah kembali mencela kehidupan orang musyrik yang sangat mencintai dunia. Allah menyerukan, "sekali-kali jangan. Sesungguhnya kamu (hai manusia) mencintai kehidupan dunia dan meninggalkan kehidupan akhirat". Dengan ayat ini terdapat suatu kesimpulan umum bahwa mencintai kehidupan adalah salah satu tanda watak manusia seluruhnya. Memang sebagian mengharapkan kebahagiaan akhirat, namun yang mencintai hidup dunia serta mendustai adanya hari berbangkit jauh lebih besar jumlahnya.
2.  Q. S Al-‘Ala ayat 16-17
1)  Ayat
           
2)  Terjemahan
16. tetapi kamu (orang-orang kafir) memilih kehidupan duniawi.
17. sedang kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal.
3)  Tafsir
Allah Ta’ala berfirman, “tetapi kamu memilih kehidupan duniawi.” Yaitu, kamu lebih mementingkan kehidupan dunia daripada kehidupan akhirat dan kamu tampakkan sikap kamu itu dalam merangkul semua yang dapat memberikan manfaaat dan kemaslahatan di dunia ini saja. “Sedang kehidupan akhirat itu adalah lebih baik dan lebih kekal,” yaitu pahala Allah di akhirat itu lebih baik daripada dunia, dan lebih kekal karena dunia itu akan hilang, sedangkan akhirat itu akan kekal abadi.
3. Q. S Al-Anbiya Ayat 01
1)  Ayat
       
2)  Terjemahan
1. Telah dekat kepada manusia hari menghisab segala amalan mereka, sedang mereka berada dalam kelalaian lagi berpaling (daripadanya).

3)  Tafsir
Dalam ayat ini Allah SWT. menjelaskan bahwa hari berhisab untuk manusia sudah dekat. Pada hari berhisab itu kelak akan diperhitungkan semua perbuatan yang telah mereka lakukan selagi mereka hidup di dunia. Selain itu, juga akan diperhitungkan semua nikmat yang telah dilimpahkan Allah kepada mereka, baik nikmat berupa diri mereka sendiri, akal pikiran, makanan dan minuman, serta anak keturunan dan harta benda. Mereka akan ditanya, apakah yang mereka perbuat dengan nikmat itu semuanya? Apakah karunia Allah tersebut mereka gunakan untuk berbuat kebaikan dalam rangka taat kepada-Nya ataukah semuanya itu digunakan untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang membuktikan keingkaran dan kedurhakaan mereka kepada-Nya? Allah SWT. menegaskan bahwa manusia sesungguhnya lalai terhadap apa yang akan diperbuat Allah kelak terhadap mereka di hari kiamat. Kelalaian itulah yang menyebabkan mereka tidak mau berpikir mengenai hari-hari kiamat itu sehingga mereka tidak mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk memperoleh keselamatan diri mereka dari azab Allah.
Sudah jelas, bahwa orang-orang yang dimaksudkan dalam ayat ini adalah kaum musyrikin. Dan sudah dimaklumi pula bahwa kaum musyrikin itu justru adalah orang-orang yang tidak beriman tentang adanya hari kiamat dan mengingkari adanya hari berbangkit dan hari berhisab. Namun demikian, memperingatkan kepada mereka bahwa hari berhisab sudah dekat. Ini adalah untuk menekankan, bahwa hari kiamat, termasuk hari berbangkit dan hari berhisab, pasti akan datang, walaupun mereka itu tidak mempercayainya; dan hari berhisab itu akan diikuti pula oleh hari-hari pembalasan terhadap amal-amal yang baik ataupun yang buruk.
Kaum musyrikin itu lalai dan tidak mau berpikir tentang nasib jelek yang akan mereka temui kelak pada hari berhisab dan hari pembalasan itu. Padahal, dengan akal sehat semata-mata, orang dapat meyakini, bahwa perbuatan yang baik sepantasnya dibalasi dengan kebaikan pula dan perbuatan yang jahat sepatutnya dibalasi pula dengan azab dan siksa. Akan tetapi karena mereka itu tidak mau memikirkan akibat jelek yang akan mereka peroleh di akhirat kelak, maka mereka senantiasa memalingkan muka menutup telinga, setiap kali mereka diperingatkan, baik dengan ayat-ayat Alquran, maupun dengan ancaman dan sebagainya.

C.  Pengertian Surga dan Neraka
1)  Surga
Surga (jannah) adalah tempat yang penuh keindahan, kenikmatan, kebahagiaan dan kemuliaan yang disediakan bagi orang orang yang bertaqwa. Penggunaan al Jannah berarti surga masih bersifat ghaib, karena indra jasmani  belum pernah melihat keadaannya. Surga, tempat yang Allah janjikan bagi hambaNya yang bertaqwa adalah tempat yang belum pernah dilihat oleh mata, belum pula didengar oleh telinga dan belum pernah terbetik dalam hati manusia. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW dalam Hadits Qudsi :
قَالَ للهُ تَعَالى : أَعْدَدْتُ لِعِبَادِياَلصَّالِحِيْنَ ماَ لاَ عَيْنٌ رَأَتْ وَلاَ أُذُنٌ  سَمِعَتْ وَلاَ خَطَرَ عَلىَ قَلْبٍ بَشَرٍ
Artinya : Allah SWT Berfirman:”Aku menyiapkan bagi hamba hambaKu yang shaleh sesuatu (surga) yang tidak (belum) dapat dilihat oleh mata, tiada (belum) dapat didengar oleh telinga dan tidak (belum) terbetik (terlintas di hati manusia.”(HR. Muslim)
Allah memberikan gambaran yang sempurna tentang SurgaNya. Gambaran keindahan surga, kenikmatannya dan para penghuninya telah Allah kabarkan dalam kitabNya agar manusia termotivasi untuk meraihnya.

Aroma Surga
Surga memiliki aroma harum yang memikat jiwa yang mencium baunya, dan keharuman yang telah tercium dari jarak yang sangat jauh sejauh perjalanan tujuh puluh tahun. Sebagaimana sabda Rasulullah yang artinya : “Sesungguhnya aroma surga didapatkan (tercium) dari jarak tujuh puluh musim (tahun). (HR. At Tirmidzi).
Luasnya Surga
Luasnya seluas langit dan bumi, yang Allah sediakan bagi orang orang yang bertaqwa. Allah berfirman dalam QS. Ali Imran:133 :
           
Artinya : Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.
Bangunan Surga
Ibnu Abiddunya meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW Bersabda yang artinya :
“Allah menciptakan surga Adn dengan tanganNya, terdiri dari batu intan putih, batu yaqut merah dan batu zamrut hijau, tanah litanya adalah misik, rumputnya za’farran kerikilnya mutiara dan debunya adalah anbar. Setelah itu Allah berfirman kepada surga Adn:”berkatalah”, maka ia berkata”Sungguh telah beruntung orang orang yang beriman.(HR. Ibn Abi Dunya dan At Thibrani)

Nama Nama dan Tingkatan Surga
a)       Jannatul Firdaus (tempat yang indah)
         
Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal,(QS. Al Kahfi(18):107).
b)   Jannatul Na’im (tempat penuh kenikmatan)
           

Artinya : Dan sekiranya Ahli Kitab beriman dan bertakwa, tentulah Kami tutup (hapus) kesalahan-kesalahan mereka dan tentulah Kami masukkan mereka ke dalam surga yang penuh kenikmatan.(QS. Al Maidah(5) :65)
c)    Darus Salam (tempat penuh kedamaian)
           
Artinya : Bagi mereka (disediakan) Darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan (QS. Al An’am (6):127)
d)   Darul maqamah (tempat penuh ketenangan)
             
Artinya : Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu".(QS. Al Faatir (35):35)

e)    Jannatul And/ Khulud (tempat yang kekal abadi)
             
Artinya : Katakanlah: "Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang
kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa?" Dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka?"(QS. Al Furqon(25):15).
f)    Jannatul Ma’wa (tempat kembali)
           
Artinya : Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, maka bagi mereka surga-surga tempat kediaman, sebagai pahala terhadap apa yang telah mereka kerjakan. (QS. As Sajdah (32):19).
   
 Neraka
  Neraka dalam bahasa Arab disebut an Naar artinya api atau api yang menyala nyala. Secara terminologis neraka adalah tempat yang disediakan oleh Allah SWT untuk menyiksa iblis, setan, jin dan manusia yang membangkang terhadap ketentuan ketentuan sebagai bentuk pembalasan yang setimpal.
  Dalam Al Qur’an neraka juga sering disebut Bi’sal Masir dan Bi’sal Mihad yang artinya seburuk buruk tempat kembali. Siksa neraka dalm Al Qur’an dan Hadits digambarkan sebagai tempat yang amat pedih, diantaranya :
a.       Penghuni neraka akan disiksa dengan siksaan yang sangat pedih, mereka akan dihembus angin yang sangat panas dan disiram dengan air panas mendidih serta dalam naungan asap yang hitam kelam (QS. Al Waqi’ah ayat 42-43).
b.      Setiap kali kulit hangus akan diganti dengan kulit yang baru (QS. An Nisa ayat 56)
c.       Azab yang paling ringan dineraka adalah sandal yang terbuat dari api, apabila dipakai akan melumerkan kepalanya. (HR. Bukhari, Muslim, At Tirmidzi)
Macam Macam Neraka
a.         Jahannam (tempat yang teramat dalam)
             

Artinya : Dan apabila dikatakan kepadanya:"Bertakwalah kepada Allah", bangkitlah kesombongannya yang menyebabkannya berbuat dosa. Maka cukuplah (balasannya) neraka Jahanam. Dan sungguh neraka Jahanam itu tempat tinggal yang seburuk-buruknya.(QS. Al Baqarah(2):206).
b.    Wail(kecelakaan yang besar)
c.    Sa’ir(api yang menyala nyala)
             
Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara lalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka).(QS. An Nisa(4):10)


d.   Saqar (panas yang menghanguskan)
       
Artinya : (Ingatlah) pada hari mereka diseret ke neraka atas muka mereka. (Dikatakan kepada mereka): "Rasakanlah sentuhan api neraka".(QS. Al Qomar (54): 48)
e.    Huthamah(api yang besar)
f.      Ladza(api yang bergejolak)
   
Artinya : Sekali-kali tidak dapat. Sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergejolak(QS. Al Maarij(70):15)
g.    Hawiyah (api yang sangat panas)
 
Artinya : Maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah.(QS. Al Qari’ah(101):9).

Para Ulama’ berpendapat bahwa Neraka itu berada di Langit, sebagaimana Surga. Ulama' yang menguatkan hal ini adalah Mujahid ibnu jabrin Al-Makki, Adh-Dhohhak ibnu Muzahim, Sufyan Ibnu Uyainah, dll.
Pendapat Yang Mengatakan Neraka Berada di Langit dalilnya cukup kuat, berikut ini dalilnya:
Allah SWT. berfirman:
   
Artinya: "Dan di LANGIT terdapat rizqimu dan terdapat pula apa yang dijanjikan kepadamu" (QS. Adz-Dzariyat: 22).
Pandangan menurut Ahli tafsir:
Diriwayatkan dalam atsar oleh Ibnu Abi Nujaih, dari Mujahid Rahimahullah berkata: Itu adalah surga di langit.” (Tafsir Thabari (22/421)).
Diceritakan oleh Ibnu Mundzir dan Ibnu Jarir dalam Tafsirnya mengenai riwayat atsar lain dari Mujahid Rahimahullah: [["Dan di langit terdapat rizqimu” dan “terdapat (pula) apa yang dijanjikan kepadamu"]] : Itu maksudnya adalah Surga dan Neraka. (Tafsir Thabari (22/421)).
Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir Ath-Thabari dalam Tafsirnya mengenai riwayat atsar dari Adh-Dhohhak bin Muzahim Rahimahullah: [["Dan di langit terdapat rizqimu” dan “terdapat (pula) apa yang dijanjikan kepadamu"]] : Itu maksudnya adalah Surga dan Neraka.

Jadi kesimpulan para ahli tafsir diatas, yang di maksud "Dan di langit terdapat rizqimu” adalah SURGA yang di sediakan untuk tempat orang mukmin pada hari kiamat.” dan Yang dimaksud “dilangit terdapat (pula) apa yang dijanjikan kepadamu” yaitu NERAKA yang disediakan untuk tempat orang-orang kafir."
Namun sebagian Ulama' berpendapat bahwa Neraka itu berada di bumi yang paling bawah. Ini sebagaimana pendapat Ibnu Abbas, Abdullah bin Sallam, Ibnu Mas’ud, Qatadah, dll. Pendapat ini didasari dengan hadits Ibnu Umar secara Marfu’, namun haditsnya dha’if, sebagaimana yang di jelaskan ibnu Abdil Bar. dan juga didasari dengan hadits Mu’adz bin Jabal secara Marfu’, namun sanadnya terdapat juwaibir, ia perawi yang sangat lemah. Selain itu menukil dari perkataan Ka’ab Al-Akhbar dan Wahab bin Munabbih, hanya saja beliau berdua (Ka’ab Al-Akhbar dan Wahab bin Munabbih) menukil dari perkataan Isra’iliyat, yang belum jelas kebenarannya. Bahkan bertentangan dengan dalil-dalil yang di sebutkan diatas.

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Hari kiamat adalah hari berakhirnya kehidupan seluruh manusia dan makhluk hidup di dunia ini yang tidak dapat diprediksi kapan akan datangnya karena merupakan rahasia Allah SWT yang tidak diketahui siapapun. Namun dengan demikian kita masih bisa mengetahui kapan datangnya hari akhir/kiamat dengan melihat tanda-tanda yang diberikan oleh Nabi Muhammad saw. Orang yang beriman kepada Allah SWT dan banyak berbuat kebajikan akan menerima imbalan surga yang penuh kenikmatan, sedangkan bagi orang-orang kafir akan masuk neraka untuk disiksa.
Saran
Sebagai penyusun, kami merasa masih ada kekurangan dalam pembuatan makalah ini. Oleh karena itu, kami mohon kritik dan saran dari pembaca. Agar kami dapat memperbaiki makalah yang selanjutnya.





DAFTAR PUSTAKA

Al-Qur’anul Karim dan Terjemahannya
Abd al-Hayy al-Farmawiy, Metode Tafsir Maudhu’i Suatu Pengantar, .Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.
Ahsin W. Al-Hafidz,Kamus Ilmu Al-Qur’an, Jakarta : Amzah, 2008.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Tafsirnya (edisi yang disempurnakan),  Jilid VIII, Jakarta: Lentera Abadi, 2010.
M. Quraish Shihab, Wawasan Al-Qur’an, cet. 2, Bandung : Mizan, 2009.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : MAKALAH HARI AKHIR (KIAMAT)

  • Perbedaan Stretchmark Dan Selulit Stretchmark merupakan kondisi dimana rusaknya lapisan kedua pada epidermis dan tidak ada hubungannya dengan lemak di tubuh. Selulit adalah suatu kondisi dimana l ...
  • Jenis Olahraga Mengecilkan Perut Buncit Dengan Cepat Dan Aman Sebahagian orang memiliki perut buncit adalah masalah besar yang dimiliki karena menimbulkan malu atau hilang kepercayaan diri dan tidak bebas melakukan aktifit ...
  • keutamaan puasa di bulan Rajab keutamaan puasa bulan Rajab Diriwayatkan bahawa apabila rasulullah sallallahu alaihi wasallam memasuki bulan Rajab beliau berdo'a. Yang artinya : Ya Allah b ...
  • MOTHER TOUGH, A GREAT MOMI love my mom so very much , you know why? There's absolutely nothing compared to a mothers love for a child, for those who still have theirs please respect, cherish, lo ...
  • Kata-Kata Mutiara IMAM AS-SYAFIE*BELAJAR DARI KATA-KATA HIKMAH IMAM AS-SYAFIE* *Bila Kamu tak Tahan Penatnya Belajar, Maka kamu akan Menanggung Perihnya Kebodohan* - (Imam asSyafie) *Berapa banyak ma ...

0 komentar:

Post a Comment